Mengukur Kecepatan Membaca


Kecepatan membaca dapat diukur dengan cara sebagai berikut.
Jumlah kata dalam teks dibagi waktu yang digunakan (dalam menit). Hasilnya merupakan kecepatan membaca kalian tiap menit yang disebut kpm (kata per menit).
Rumus:

Kecepatan membaca=   Jumlah Kata 
                                        Waktu Baca
Lakukan kegiatan berikut:
·          Siapkan jam atau stopwatch.
·          Catat waktu baca kalian!
·          Baca dengan cepat teks di bawah ini yang panjangnya sekitar 110 kata.

Mulai di sini …..
Berjuta-juta orang mengetahui bahwa merokok itu dipercaya merusak dan bahkan berbahaya bagi kesehatan, namun berjuta-juta orang tetap merokok—atau bahkan mulai merokok. Mengapa? Ahli dalam berbagai bidang mengatakan bahwa awal merokok, dan proses yang menjadikannya kebiasaan, adalah sangat rumit dan belum dapat dimengerti sepenuhnya. Tentu saja, hal-hal tertentu dapat ditunjukkan, seperti mengapa orang mulai merokok dan lainnya tetap merokok. Namun, hal itu bukanlah hal yang mudah. Sebagai contoh, kita tahu bahwa sebagian besar orang mulai merokok karena orang-orang di sekitarnya merokok. Tahukah kau bahwa di kelas III SMA 40 sampai 55 persen anak merokok? Pada usia 25 tahun, sekitar 60 persen pria dan 36 persen wanita merokok. Anak-anak merasa mereka tampak "dewasa" dengan merokok, dan anak lain mendesak mereka untuk merokok, dan mereka melihat orangtua mereka merokok-jadi mereka juga mulai merokok. Padahal rokok mengandung zat-zat yang membahayakan kesehatan. Sebagai contoh, nikotin mempunyai efek pada jantung dan sistem saraf. Merokok sebatang atau dua batang rokok menyebabkan peningkatan denyut jantung dan sedikit kenaikan pada tekanan darah. Pengaruh pada sistem saraf terutama adalah menenangkan dan membuat santai. Orang menyukai efek ini, atau merasa membutuhkannya, atau menjadi tergantung untuk mendapatkannya pada saat tenentu dan dalam situasi tertentu, sehingga mereka terus merokok

Berhenti di sini!

Hitung kecepatan membaca kalian. Jika kalian memerlukan waktu lebih dari satu menit untuk membaca teks itu, kalian harus segera meningkatkan kecepatam membaca kalian.

Leave a Reply